SUKSES DENGAN TOTALITAS SEMBILAN AS DALAM BEKERJA



TOTALITAS adalah kata kunci untuk mencapai keberhasilan dalam bidang apapun.  Saya percaya bila kita bekerja secara TOTAL maka akan memperbesar peluang kita untuk sukses. Untuk itu saya memperkenalkan 9 AS dibawah ini




KERJA CERDAS
Tidak semua hal harus di kerjakan sendiri. Harus berani mendelegasikan sebagian dari tugas ke subordinates yang tepat. Untuk itu kita harus terus berusaha meningkatkan kemampuan anggota tim kita dengan menduplikasi pengetahuan serta pengalaman kita ke subordinates agar kita bisa mengerjakan hal lain yang lebih menantang.


KERJA KERAS
Suka atau tidak suka kita harus bekerja lebih atau 'do extra milleage' bila mau lebih unggul dibanding orang lain. Hampir semua orang sukses dalam berkarir dapat di pastikan bekerja tidak kurang dari 60 jam dalam seminggu sejak awal berkarir. Bagaimana bisa mengharapkan hasil yang luar biasa kalau kerjanya bias biasa saja?     


KERJA JELAS

Adalah penting untuk mendemonstrasikan apa yang sudah dan sedang kita kerjakan kepada semua orang yang berperan dalam peningkatan karir kita.  Hal ini bisa dilakukan dengan secara berkala mengirim laporan, secara tertulis maupun secara lisan, ke atasan. Dengan atau tanpa di minta atasan usahakan untuk demonstrasikan penguasan pasar, kemampuan mengumpulkan data serta informasi, kemampuan menganalisa situasi, kemampuan melihat peluang dan ancaman, hingga kemampuan memecahkan masalah. 

Jangan takut kelihatan kekurangan kita dengan mengirim laporan. Ambil positif nya saja. Kalau apa yang dilaporkan dinilai bagus maka itu sangat baik sekali. Kalapun atasan lantas banyak mengkritik laporan kita maka tandanya kita mendapat perhatian atasan dan bisa semakin meningkatkan kemampuan kita.


KERJA TUNTAS
Bekerjalah dengan penuh kesungguhan dan hingga tuntas tanpa ada yang tertinggal atau terlupakan secara sadar. Menunda penyelesaian masalah atau pekerjaan bukanlah hal yang bijak karena cenderung membuat permasalahan menjadi semakin rumit dari yang seharusnya. Jangan pernah berharap waktu akan menyelesaikan masalah dengan sendirinya. Jangan meninggalkan bom waktu.


KERJA BERKWALITAS
Jangan asal asalan dalam bekerja. Kerjakan semua tugas dengan penuh kesungguhan dan secara bertanggung jawab.  Berusahalah untuk selalu melampaui harapan pemberi tugas. Lakukan ini secara konsisten agar menjadi 'trademark' diri.


KERJA IKHLAS
Jangan pernah merasa terbebani dengan apa yang kita kerjakan.  Berusahalah untuk mencintai apa yang kita kerjakan. Sebab hanya mereka yang sudah berada di posisi puncak yang bisa memilih untuk melakukan apa yang dicintainya. Jadikan pekerjaan sebagai hobby dan sebagai sesuatu yang membahagiakan sehingga kita tidak terlalu perhitungan dalam bekerja. Bekerja maksimal adalah suatu kewajiban. Jangan bertany apa yang kita dapat dari perusahaan tetapi tanyalah apa yang perusahan dapat dari kita. Apa yang kita berikan pada perusahaan.


KERJA ANTUSIAS
Antusiasme merupakan energi positif yang mudah menular ke orang orang di sekitar kita. Miliki semangat atau gairah yang luar biasa terhadap apa yang kita kerjakan. Antusiasme membuat kita selalu bersemangat dan tidak pernah merasa lelah. 


KERJA TEGAS
Jangan ragu dalam bertindak. Harus berani mengambil sikap dan keputusan yang tepat secara tepat waktu. Jangan terus menunda atau bahkan plin-plan.  Katakan tidak bila harus berkata tidak.  Katakan ya bila harus berkata ya.  Harus berani mengatakan yang sebenarnya walau kadang menyakitkan bagi orang lain. Jangan menghindari masalah dengan menunda-nunda atau membuat keputusan yang tidak baik dan tidak benar alias demi popularitas semata.
 

KERJA DENGAN INTEGRITAS
Apa yang kita kerjakan harus selalu sesuai dengan apa yang kita ucapkan, sepakati, janjikan, yakini serta sesuai hukum, moral, etika, maupun aturan. Semakin tinggi jabatan seseorang semakin penting baginya untuk mendemonstrasikan bahwa dirinya layak untuk di percaya.





    Selamat mengukir prestasi dengan tinta emas.

1 komentar: