PERTANYAAN MENDASAR UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN


Bagi kebanyakan organisasi bisnis pertumbuhan penjualan secara berkelanjutan dan secara menguntungkan adalah suatu keharusan yang tidak dapat di tawar. Sebab begitu penjualan organisasi berhenti bertumbuh secara menguntungkan selama beberapa periode berturutan maka dapat di katakan bahwa bencana sudah berada di depan mata.

Ada beberapa pertanyaan mendasar yang harus terlebih dahulu di jawab sebelum kita membahas lebih jauh cara-cara meningkatkan penjualan:

1.     Apakah organisasi memiliki sumber daya (kekuatan / kemampuan) yang cukup untuk mencapai pertumbuhan yang di harapkannya?

2.    Apakah organisasi memiliki keinginan dan disiplin yang kuat untuk memenuhi keinginannya dan betul-betul memaksimalkan potensi pertumbuhan penjualan yang dimilikinya?

3.    Apakah pasarnya memungkinkan dengan memperhitungkan (a) Market size (besar pasar saat ini) dan (b) Market Potential nya (potensi pasar secara maksimal bila semua prospek membeli atau mengkonsumsi produk) dan (c) Peta Persaingan yang ada serta kekuatan organisasi?

Penting untuk dipahami adalah bahwa KEINGINAN untuk terus bertumbuh serta tingkat pertumbuhannya  harus disesuaikan dengan KEMAMPUAN organisasi pada suatu waktu tertentu agar Keinginan atau IMPIAN bukan menjadi sekedar MIMPI atau sesuatu yang tidak realistis serta berada di luar kendali bahkan membuat semua yang terkait kehilangan motivasi hingga kehilangan kepercayaan diri.

Perlu di ingat juga bahwa tidak sedikit organisasi organisasi bisnis yang tidak memiliki ambisi untuk memaksimalkan potensi pertumbuhannya. Contohnya adalah organisasi yang pemiliknya memindahkan fokus ke kegiatan atau investasi lain yang dinilai lebih menguntungkan sehingga membatasi sumber daya di bidang yang tidak menarik perhatiannya.  Atau organisasi yang menilai industri nya memasuki masa 'sunset' alias kemunduran karena berbagai alasan.

Beberapa pimpinan perusahan multi-nasional juga kabarnya ada yang secara sadar 'mengatur' pertumbuhan organisasi yang dipimpinnya dibawah potensi yang sesungguhnya agar setiap tahun menunjukkan tingkat pertumbuhan sedikit diatas pertumbuhan total organisasi di tingkat globalnya. Umumnya hal ini di dorong oleh pertimbangan office politics yang tidak etis tanpa memperhitungkan kepuasan bekerja dan rekam jejak karir anggota tim yang dipimpinnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar