MEMBANGUN TIM YANG MILITAN

Persaingan yang super sengit di industri FMCG menuntut Product, Place, Prom0tion dan Price yang terintegrasi.  Selain itu juga membutuhkan sistim kerja serta tim eksekusi pemasaran yang dapat diandalkan.

Tim yang militan terbukti ampuh dalam mencapai tujuan organisasi secara lebih cepat. Tetapi pertanyaannya adalah bagaimana membangun militansi tim, khususnya tim lapangan, agar menjadi satuan pamungkas yang menjadi momok alias di takuti pesaing  karena memiliki kompetensi dan semangat tempur yang luar biasa: pantang mundur dan tidak bisa dihentikan pesaing?

Kata kuncinya adalah memiliki TUJUAN YANG BESAR, JELAS, SERTA BERNILAI TINGGI bagi para anggota. Artinya VISI & MISI nya harus jelas. Selain itu membangun militansi tim juga menuntut adanya:

(1) Common enemy

(2) Sense of crisis

(3) Sense of Urgency

(4) Do or Die attitude = You or I = To be or not to be = It is now or never = Hit or Miss

(5) No one left behind / You die, I die / your success is my success / protect each other = brotherhood / sisterhood 

(6) Discipline & Reinforcement

(7) Rewards & Punishments

(8) Walk the talk & Inspirational leader

(9) Esprit de corps

Banyak sekali hal yang diperlukan untuk membangun sikap militansi tim. Daftar diatas pasti masih bisa di sempurnakan namun bis untuk dijadikan 'check list' awal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar